Pengertian Kepemimpinan
Menurut George Terry. Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan suka rela untuk mencapai tujuan kelompok
Kepimpinan merupakan penggunaan keterampilan seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan sesuatu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan (Sullivan & Decker)
Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Kepemimpinan juga merupakan ilmu terapan dari ilmu-ilmu social, sebab prinsip-prinsip dan rumusannya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia
Dari beberapa definisi di atas bisa di tarik kesimpulan bahwa kepemimpinan ialah suatu kemampuan seorang pemimpin mempengaruhi anggotanya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah "melakukannya dalam kerja" dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi
Perbedaan kepemimpinan dan managemen
• Kepemimpinan
Menekankan pada proses perilaku yang berfungsi di dalam dan di luar sutu organisasi, seorang pemimpin harus dapat memotivasi dan member inspirasi orang lain secara individu maupun secara kelompok.
• Manajemen
Pengkoordinasian dan pengintegrasian semua sumber yang ada melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam pencapaian tujuan
Gaya kepemimpinan
• Gaya kepemimpinan pada dasarnya mengandung pengertian sebagai suatu perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin, yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin
• Perwujudan tersebut biasanya membentuk suatu pola atau bentuk tertentu
a. Demokrasi
b. Otoriter (otokratik)
c. Partisipatif
d. Bebas tindak (Laisser-faire)
Gaya Kepemimpinan Demokratis
- Orang-orang yang dipimpinnya sebagai subjek
- Usaha untuk memanfaatkan kemampuan setiap orang yang ada dalam organisasi untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan
- Mengambil keputusan sangat mementingkan diskusi dan musyawarah
- Berusaha mengutamakan kerjasama dan teamwork
Gaya Kepemimpinan Otoriter
- Menempatkan kekuasaan di tangan satu orang atau sekelompok kecil
- Pemimpin bertindak sebagai penguasa tunggal
- Kedudukan bawahan semata-mata sebagai pelaksana keputusan, perintah, dan bahkan kehendak pimpinan
Gaya Kepemimpinan Partisipatif
- Merupakan gabungan antara otokratik dan demokratik
- Pemimpin menyampaikan hasil analisa masalah dan mengusulkan tindakannya
- Staf diminta saran dan kritiknya serta mempertimbangkan respon staf terhadap usulnya
- Keputusan akhir oleh kelompok
Bebas Tindak
• Merupakan pimpinan offisial• Pimpinan melimpahkan wewenang sepenuhnya kepada bawahan
• Karyawan menentukan sendiri kegiatan tanpa pengarahan, supervisi dan koordinasi
• Keputusan lebih banyak dibuat oleh para bawahan
• Kebijaksanaan lebih banyak dibuat oleh para bawahan
• Karyawan mengevaluasi pekerjaan sesuai dengan caranya sendiri
• Pimpinan hanya sebagai sumber informasi dan pengendalian minimal
• Pimpinan hanya berkomunikasi apabila diperlukan oleh bawahannya
• Prakarsa selalu datang dari bawahan
• Hampir tiada pengarahan dari pimpinan
• Tanggungjawab keberhasilan organisasi dipikul oleh orang perorang
Keterampilan Kepemimpinan
Ada tiga keterampilan kepemimpinan yaitu :1. Technical skills
2. Human skills
3. Conceptual skills
- Technical Skills berarti suatu kemampua yang dimiliki oleh seorang pemimpin untuk melaksanakan sesuatu pekerjaan. walaupun seorang wirausaha merupakan pemimpin yang dapat menyuruh orang lain mengerjakan sesuatu pekerjaan namun dia harus mampu melaksanakan sendiri pekerjaan-pekerjaan tertentu. Maksudnya dapat melakukan pekerjaan tersebut adalah agar dia mampu melaksanakan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Keterampilan tersebut misalnya keterampian pembukuan keuangan, mengetik, pekerjaan komputer dasar, menggunakan beberapa alat sederhana dan sebagainya.
- Human skills berarti kemampuan untuk bekerja sama dan membangun tim kerja bersama orang-orang lain.
- Keterampilan konsep berarti seorang wirausaha harus mampu berpikir dan mengungkapkan pemikirannya dalam bentuk model kerangka kerja dan konsep-konsep lain dalam memudahkan pekerjaan.
Kompetensi Kepemimpinan
Kemampuan yang dimiliki seseorang yang nampak pada sikapnya yang sesuai dengan kebutuhan kerja dalam parameter lingkungan organisasi dan memberikan hasil yang diinginkan.
Kouzes dan Posner menyebutkan ada 5 (lima) praktek mendasar pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan unggul, yaitu;
- Pemimpin yang menantang proses,
- Memberikan inspirasi wawasan bersama,
- Memungkinkan orang lain dapat bertindak dan berpartisipasi,
- Mampu menjadi penunjuk jalan, dan
- Memotivasi bawahan.
5 (lima) Dimensi Kepercayaan
- Integritas : merujuk pada kejujuran dan kebenaran.
- Kompetensi : mencakup pengetahuan dan ketrampilan tehnis dan interpersonal.
- Konsistensi terkait dengan kehandalan, prediktabilitas dan pertimbangan baik seseorang dalam menangani situasi-situasi. Ketidak sesuaian antara kata-kata dan tindakan mengikis kepercayaan.
- Loyalitas adalah keinginan untuk melindungi dan menyelamatkan wajah untuk orang lain. Kepercayaan menuntut bahwa anda dapat bergantung pada seseorang untuk tidak bertindak oportunis.
- Keterbukaan : Anda mengandalkan orang untuk memberikan ke anda kebenaan senyatanya.
Baca juga : Pengertian Penduduk Secara Umum, Pengertian Riba Secara Umum
Mungkin hanya itu artikel mengenai Pengertian kepemimpinan secara umum beserta implikasinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf jika ada kekurangan, terima kasih sudah berkunjung. check pengertian lain di Pengertian.Org
No comments:
Post a Comment