Sunday 27 September 2015

Pengertian Data Secara Umum

Pengertian data - Teman, kali ini Pengertian.Org akan berbagi artikel mengenai Pengertian data secara umum, jenis data menurut cara memperolehnya dan implikasi lainnya. Langsung saja, check this out !



pengertian data secara  umum

Pengertian Data


Data merupakan salah satu hal utama yang dikaji dalam masalah TIK. Penggunaan dan pemanfaatan data sudah mencakup banyak aspek. Berikut adalah pembahasan definisi data berdasarkan beberapa sumber. Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur, dengan kata lain bahwa Generally, data represent a structured codification of single primaryentities, as well as of transactions involving two or more primary entitie (Vercellis). Selain deskripsi dari sebuah fakta, data dapat pula merepresentasikan suatu objek sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006: 1) bahwa Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event).

Dengan demikian dapat dijelaskan kembali bahwa data merupakan suatu objek, kejadian,atau fakta yang terdokumentasikan dengan memiliki kodifikasi terstruktur untuk suatu atau beberapa entitas.Setelah kita mengerti akan pengertian tentang data maka dari hasil data tersebut akan menghasilkan informasi. Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber.

Informasi merupakan suatu hasil dari pemrosesan data menjadi sesuatu yang bermakna bagi yang menerimanya, sebagaimana dikemukakan oleh Vercellis (2009: 7) Information is the outcome of extraction and processing activities carried out on data, and it appears meaningful for those who receive it in a specific domain. Selain merupakan hasil dari pengolahan data, informasi juga menggambarkan sebuah kejadian, sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006: 1) bahwa Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) dengan lebih berguna dan lebih berarti.

Dengan demikian informasi dapat dijelaskan kembali sebagai sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data menjadi lebih mudah dimengerti dan bermakna yang menggambarkan suatu kejadian dan fakta yang ada. Dibawah ini adalah klasifikasi, jenis, dan macam data pembagian data dalam ilmu eksaksains statistika/statistik beserta contohnya :
    

A. Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya 


1. Data Primer 
Data primer adalah secara langsung diambil dari objek / obyek penelitian oleh penelitiperorangan maupun organisasi. Contoh : Mewawancarai langsung penonton bioskop 21untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.

2. Data Sekunder 
Data sekunder adalah data yang di dapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Penelitimendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai caraatau metode baik secara komersial maupun non komersial.  
Contohnya adalah pada penelitiyang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah. 

B. Macam-Macam Data Berdasarkan Sumber Data


1. Data Internal 
Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasisecara internal. Misal : data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb.

2. Data Eksternal
Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luarorganisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen,tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.

C. Klasifikasi Dara Berdasarkan Jenis Datanya


1. Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data yang dipaparkan dalam bentuk angka-angka. Misalnya adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 ips 2, dan lain-lain.
2. Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna.Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapanpara ahli terhadap psikopat dan lain-lain.

D. Pembagian Jenis Data Berdasarkan Sifat Data


1. Data Diskrit
Data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli. Contohnya adalah berat badanibu-ibu pkk sumber ayu, nilai rupiah dari waktu ke waktu, dan lain-sebagainya.

2. Data Kontinyu
Data kontinyu adalah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada padanilai yang satu ke nilai yang lainnya. Contohnya penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira, dan sebagainya. Dinas pertanian daerah mengimpor bahan baku pabrik pupuk kuranglebih 850 ton.

E. Jenis-jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya


1. Data Cross Section
Data cross-section adalah data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya laporankeuangan per 31 desember 2006, data pelanggan PT. angin ribut bulan mei 2004, dan lainsebagainya.

2. Data Time Series / BerkalaData berkala adalah data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atauperiode secara historis. Contoh data time series adalah data perkembangan nilai tukar dollaramerika terhadap euro eropa dari tahun 2004 sampai 2006, jumlah pengikut jamaah nurdinm. top dan doktor azahari dari bulan ke bulan, dll

Secara umum pengertian data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat 'bercerita' banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengertian data juga bisa berarti kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, gambar atau yang lainnya. Menurut kamus oxford definisi data adalah "facts or information used in deciding or discussing something". Terjemahan bebasnya: "fakta atau informasi yang digunakan dalam menentukan atau mendiskusikan sesuatu". Juga bisa berarti "information prepared for or stored by a computer" dalam bahasa Indonesia berarti "informasi yang disiapkan untuk atau disimpan oleh komputer". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisis atau kesimpulan).


Mungkin hanya itu artikel mengenai Pengertian Data Secara Umum, semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung. Lihat pengertian yang lainnya di Pengertian.Org

No comments:

Post a Comment