Monday 21 September 2015

Pengertian Email Secara Umum

Pengertian E-Mail - Sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, aplikasi yang sudah banyak di gunakan sebagai media sosial online. Selain memudahkan kita untuk berkomunikasi, aplikasi ini juga bisa membantu beberapa pekerjaan kantor/sekolah dalam kirim surat menyurat. Sebenarnya banyak aplikasi lain untuk media sosial online seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya. Tetapi pada kesempatan ini Pengertian.Org hanya akan mengulas mengenai pengertian E-mail. Karena tidak diragukan lagi kalau pada zaman sekarang ada juga orang yang belum mengetahui pengertian email yang sebenarnya. maka dari itulah, Pengertian.Org akan sedikit memberi informasi tentang apa itu Pengertian E-mail secara umum dan implikasinya. biar lebih jelas, yuk ! check this out guys !

pengertian E-Mail secara umum
Pengertian E-Mail


E-mail dalam bahasa Inggris singkatan 'Electronic mail' adalah surat dalam bentuk elektronik. Dalam bahasa Indonesia bisa disingkat “ratel”, “ratron”, “surel”, atau “surat-e”. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

Secara umum pengertian E-Mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).

Langkah pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
  1. Membuat alamat email contoh: info@gmail.com
  2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
  3. Mengetahui E-mail yang di tuju.

Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com. Anda bisa membuat email secara gratis di sana.

Perbedaan E-Mail vs Surat Biasa

Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:

E-Mail:

a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
c. Cukup dengan adanya jaringan internet
d. Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa (Berperangko):

a. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
b. Pengalamatan Rumah / Kantor
c. Membutuhkan waktu lama
d. Keamanan Surat kurang terjamin

Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah:
Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.


Fungsi Email



Ada beberapa fungsi atau kegunaan E-Mail, di antaranya adalah :

1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).

2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.

3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.

5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.

6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.

7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.


Mungkin hanya itu artikel mengenai Pengertian E-mail secara umum, semoga setelah membaca artikel ini teman bisa memahami dan mengerti apa itu E-mail. Untuk mengetahui pengertian lainnya bisa klik di sini  (Pengertian.Org)

No comments:

Post a Comment